Tim MER-C Berhasil Masuk Gaza, Langsung Disuguhi Ledakan!

18 01 2009

joserizal
Kabar gembira, Sabtu 17/01/09, Medical Emergency Rescue Commite (MER-C) menjadi tim relawan medis pertama asal Indonesia yang masuk ke Jalur Gaza. Pejuang dari Indonesia itu terdiri 3 dokter dan seorang petugas logistik.

MER-C bisa masuk Jalur Gaza setelah mendapat rekomendasi KBRI Kairo, Bulan Sabit Merah Mesir dan Mendagri Mesi. KEtiga orang tersebut adalah dr Jose Rizal Jurnalis, SpOT (Presidium MER-C), dr Indragiri, SpA, dr. Syarbini Abdul Muradz dan Moh Mursalim (logistik). Seorang relawan lainnya, Ir. Faried Thalib (logistik), juga mendapat izin masuk, tapi tetap tinggal di Kairo dan El-Arish untuk mengkoordinasikan bantuan yang akan menyusul, seperti mobil ambulans dan obat-obatan.

Setelah memasuki jalur Gaza untuk pertama kali, dr. Jose langsung diwawancarai wartawan. Satu menit kemudian, untuk pertama kali pula dokter-pejuang itu disambut suara ledakan bom berdentum dahsyat, sekitar pukul 3 sore waktu setempat (20.50 WIB) yang dihantamkan pesawat tempur Israel, persis di garis perbatasan Mesir-Palestina di Kota Rafah. Bom pesawat tempur itu menggetarkan gedung “Arrival Hall” yang menjadi tempat transit relawan yang akan masuk Rafah Palestina. Kontan kepanikan melanda orang-orang yang beraktivitas di dalamnya.

Setelah melalui prosedur pemeriksaan dokumen, empat relawan MER-C Indonesia itu dipastikan menyebrang masuk ke Rafah Palestina untuk menuju Jalur Gaza. Pada pukul 17.10 waktu setempat (22.10 WIB) dengan menggunakan bus “Gaza City” dengan nomor 08-2822616, tim relawan itu dipastikan sudah meninggalkan wilayah Mesir dan masuk ke kota Gaza.

Jose Rizal Jurnalis menyebut tim pertama itu sebagai “tim bedah” yang akan membantu warga Palestina yang luka dalam dan patah tulang akibat serangan Israel. “Tim ini akan mencari informasi apa yang paling dibutuhkan di sini,” katanya.(Antara)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: